Cuma sebuah celotehan yang mewarnai garis kehidupan

Selasa, 19 Februari 2013

BEDA TRADISI

Rasanya telinga saya geli ketika ada seseorang mengatakan sebuah steatment "beda tradisi". Hey akh, kita ini hidup di dunia dengan berbagai karakter manusia. Kalau cuma menghadapi manusia yang sedikit frontal seperti saya dan langsung mengatakan bahwa kita "beda tradisi" sehingga masukan-masukan saya tidak bisa diterima, sehingga apa yang saya lakukan malah dianggap sesuatu yang tidak bisa diterima atau ditolelir karena alasan "beda tradisi' beda cara komunikasi dan cara pengungkapan permasalahan, bahkan mungkin sampai di cap "anomali". Saya tidak membayangkan bagaimana ketika kalian terjun langsung di masyarakat dan menghadapi berbagai macam karakteristik manusia yang mungkin jauh lebih "parah" dari saya. Dari kaca mata saya sendiri, apa yang saya lakukan ini masih berada di jalur normal, entah mungkin kalian menganggapnya diluar jalur karena kita "beda tradisi", padahal di tempat saya yang dulu hal itu masih dianggap wajar. Menurut saya bukan tradisi yang harus disalahkan dan dianggap berbeda, tapi tingkat toleransi dan sensitifitasnya yang perlu dipertanyakan.
Sudahlah, yang saya harapkan kalian bisa semakin bijak dalam menghadapi segala hal yang ada di sekitar kalian, mumpung kalian belum terjun secara langsung di masyarakat. Bagi saya sendiri, saya akan berusaha untuk mengikuti "aturan main" kalian, namun dengan tetap tidak mengekang prinsip-prinsip dasar saya, saya tidak mau diubah menjadi manusia-manusia bisu yang tidak bisa menyuarakan perubahan ke arah yang lebih baik, yang hanya bisa mendengar dan berkata "iya". Saya tetap akan memperjuangkan hal yang saya anggap bisa membawa perubahan ke arah yang lebih baik. Saya siap dengan berbagai macam konsekuensinya, saya siap entah berapa banyak akan kalian lukai, karena hal itu tidak akan menyurutkan prinsip-prinsip serta idealisme yang sudah saya tanamkan di dalam hati nurani saya.

tidak dengan diam semua akan menjadi benar
tidak dengan berpangku tangan kita akan menang
terkadang sebuah perubahan memerlukan pengorbanan
"SENANTIASA BERLARI, JANGAN PERNAH BERHENTI"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar